Dalam era digital yang terus berkembang ini, kehadiran strategi digital marketing yang tepat sangatlah penting bagi kesuksesan sebuah bisnis.
Namun, dengan begitu banyaknya opsi yang tersedia, menciptakan strategi yang efektif bisa menjadi hal yang cukup rumit dan menantang.
Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang strategi digital marketing yang dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan pemasaran online pada tahun 2023 dan seterusnya.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan memiliki dasar yang kuat untuk mengembangkan strategi pemasaran digital yang sukses dan mampu membantu bisnis Anda mencapai target yang diinginkan.
Dalam era digital yang terus berkembang ini, kehadiran strategi digital marketing yang tepat sangatlah penting bagi kesuksesan sebuah bisnis.
Namun, dengan begitu banyaknya opsi yang tersedia, menciptakan strategi yang efektif bisa menjadi hal yang cukup rumit dan menantang.
Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang strategi digital marketing yang dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuan pemasaran online pada tahun 2024 dan seterusnya.
Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan memiliki dasar yang kuat untuk mengembangkan strategi pemasaran digital yang sukses dan mampu membantu bisnis Anda mencapai target yang diinginkan.
Pengertian Strategi Digital Marketing
Foto oleh Mikael Blomkvist (Pexels)
Strategi digital marketing — atau pemasaran digital — adalah:
Upaya pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital sebagai media untuk mengkomunikasikan produk atau jasa perusahaan kepada konsumen
Ini mencakup penggunaan berbagai teknologi dan metode digital seperti media sosial, email, SEO, iklan online, dan banyak lagi.
Tujuan strategi ini adalah untuk meningkatkan visibilitas bisnis online, menghasilkan lead yang berkualitas, dan meningkatkan penjualan.
Brand-brand seperti Volkswagen, Apple, hingga Oreo sudah berhasil membuktikan kemanjuran metode ini, dan mereka dianggap sebagai contoh sukses terbaik sepanjang sejarah.
6 Langkah Awal Strategi Digital Marketing (& Contoh)
Strategi ini adalah sebuah metode yang tidak bersifat statis.
Artinya, perubahan akan terus terjadi secara konstan seiring dengan perkembangan teknologi terbaru.
Tapi tenang..
Langkah memulainya selalu bisa dilakukan dalam urutan yang tetap efektif, yaitu:
1. Tentukan Tujuan dan Target Audiens
Langkah pertama dalam strategi marketing digital adalah menentukan tujuan dan target audiens.
Tujuan digital marketing sendiri bisa bervariasi, mulai dari:
Jadi, tentukan dulu tujuan apa yang ingin Anda raih dengan perencanaan strategi ini.
Setelah menentukan tujuan, Anda perlu memahami siapa target audiens Anda.
Pengelompokkan ini akan mempengaruhi hal-hal seperti pilihan platform digital marketing yang tepat dan jenis konten yang akan Anda buat.
Foto oleh Wes Lewis (Unsplash)
Anda perlu memahami karakteristik konsumen potensial mereka seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, minat, dan sebagainya.
Data-data ini bisa Anda dapatkan dari tools-tools analytics.
Hal ini dapat membantu untuk mengarahkan strategi pemasaran secara lebih tepat dan efektif.
Sebagai contoh, jika perusahaan ingin memasarkan produk perawatan kulit kepada wanita berusia 25-35 tahun, maka mereka harus menentukan target audiens mereka dengan spesifik.
2. Buat Website Untuk Bisnis Anda
Situs web sangat penting bagi bisnis di era digital saat ini karena memberikan banyak manfaat, di antaranya:
Meningkatkan keterjangkauan pelanggan
Membangun kepercayaan
Memperluas jangkauan pasar, dan
memberikan informasi lengkap tentang produk atau layanan.
Situs web membantu bisnis agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui mesin pencari, seperti Google dan Bing.
Selain itu, situs web juga bisa membangun kepercayaan pelanggan dengan menyajikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang produk atau layanan.
Jika Anda belum memiliki website resmi, akun sosial media resmi pun bisa menjadi pengganti sementara.
Yang terpenting, calon konsumen harus Anda beri 1 tujuan yang bisa mereka akses untuk mendapatkan info-info yang mereka butuhkan.
Mereka juga dapat menggunakan iklan Google Ads untuk menargetkan konsumen yang mencari produk kosmetik online.
4. Buat Konten yang Relevan dan Berkualitas
Setelah memilih platform digital yang tepat, langkah berikutnya adalah dengan membuat konten yang relevan dan berkualitas.
Konten yang relevan dan berkualitas akan dapat meningkatkan engagement dengan audiens target Anda, dan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan marketing yang telah ditentukan sebelumnya.
Konten yang dapat Anda buat antara lain:
Artikel blog
Foto
Video, atau
Infografis.
Yang terpenting, Anda harus menyesuaikan konten yang dibuat dengan selera target audiens.
(Hal ini bisa Anda ketahui dengan melakukan riset pasar.)
Contoh: Airbnb dapat membuat video promosi yang menunjukkan pengalaman unik ketika menginap di penginapan yang mereka tawarkan.
Video tersebut dapat menampilkan penginapan yang unik dan cantik, serta aktifitas yang dapat pengunjung lakukan.
Foto oleh Evgenia Basyrova (Pexels)
(Baca artikel berikut untuk pembahasan lengkap mengenai content marketing)
5. Gunakan SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencari seperti Google.
(Semakin banyak orang melihat situs web bisnis Anda, tentu konsumen pun akan ikut bertambah, kan?)
Langkah ini melibatkan pengoptimasian konten situs web Anda dengan kata kunci yang relevan dan tautan balik berkualitas dari situs web lain (external linking).
Foto oleh Benjamin Dada (Unsplash)
Contoh: Sebuah perusahaan travel ingin menggunakan kata kunci “tempat wisata terbaik di Bali” untuk optimasi SEO situs web mereka.
Dengan memposting artikel blog yang relevan tentang tempat-tempat wisata tersebut, visibilitas situs web mereka akan meningkat di hasil pencarian.
Alasannya, karena banyak orang-orang (audiens) yang mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari:
Jumlah audiens yang mengetik “tempat wisata terbaik di Bali” & kata kunci rekomendasi (ahrefs)
Silahkan baca artikel ini jika Anda ingin mempelajari SEO secara lebih mendalam.
6. Jalankan Kampanye Iklan Pemasaran Online
Kampanye iklan penting dalam strategi digital marketing karena dapat membantu bisnis Anda mencapai target audiens dan meningkatkan kesadaran merek (brand awareness).
Iklan juga dapat membantu memperluas pangsa pasar, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan membangun citra merek yang kuat.
Ilustrasi oleh Monstrea
Berikut adalah beberapa contoh kampanye iklan paling efektif dalam strategi digital marketing:
Kampanye iklan Google Ads Iklan Google Ads memungkinkan merek atau produk untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian Google yang relevan dengan kata kunci terpilih. Misalnya, ketika seseorang mencari “hotel di Bali”, iklan dari hotel yang memiliki kampanye iklan Google Ads yang relevan dengan kata kunci tersebut akan muncul di halaman hasil pencarian Google.
Kampanye iklan Facebook Facebook memungkinkan merek untuk menargetkan pengguna berdasarkan minat, demografi, dan perilaku. Dalam kampanye iklan Facebook, merek dapat membuat iklan video, gambar, atau keduanya dalam menampilkan produk/layanan mereka.
Kampanye iklan Instagram Instagram, yang dimiliki oleh Facebook, adalah platform yang fokus pada gambar dan video. Kampanye iklan Instagram memungkinkan merek untuk membuat iklan yang menarik dan kreatif yang mempertunjukkan produk atau layanan.